Senin, 05 November 2007

Selayang Pandang Mengenal MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PEMALANG

Madrasah Tsanawiyah yang biasanya disingkat MTs adalah sekolah lanjutan tingkat pertama yang berciri khas Agama Islam Yang menyelenggarakan program tiga tahun setelah Madrasah Ibtidaiyah(MI) atau Sekolah dasar (SD), dengan memuat kurikulum Pengetahuan umum yang sama dengan SMP ditambah dengan Pengetahuan Agama. (KMA No. 369 Tahun 1993).
Riwayat MTsN (Model) Pemalang tidak dapat dipisahkan dengan PGAN 4 tahun Pemalang yang didirikan pada tanggal 2 mei 1967 oleh BAPPENDIK/PEMDA Tk. II kab. Pemalang dengan nama "Pendidikan Guru Agama Pertama (PGAP)". Penegeriannya oleh Menteri Agama dengan Surat Keputusan Menteri Agama RI Nomor: 63 tahun 1967, tanggal 21 Juni 1967 dengan nama "Pendidikan Guru Agama Negeri 4 tahun Pemalang" berlaku mulai tahun 1967.
Kemudian pada tahun 1978 PGAN 4tahun berubah menjadi "Madrasah Tsanawiyah Negeri Pemalang (MTsN Pemalang) berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia nomor: 16 tahun 1978, tanggal 16 Maret 1978 yang berlokasi di Jl. Tentara Pelajar No. 6 Kelurahan Mulyoharjo, Kab Pemalang. Madrasah Tsanawiyah Negeri Pemalang merupakan alih fungsi (perubahan) dari PGAN 4 tahun pemalang.
Selanjutnya berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama No. E/54/1998 tanggal 12 Maret 1998 resmilah MTsN Pemalang menjadi MTsN "Model" Pemalang sampai sekarang.
Visi, Misi dan tujuan MTsN (Model) Pemalang
Visi Madrasah Tsanawiyah Negeri(model) Pemalang adalah terwujudnya anak bangsa yang bertaqwa kepada Allah SWT berakhlak mulia, memiliki kepribadian, berilmu, terampil dan mampu mengaktualisasikan diri dalam kehidupan bermasyarakat.
Misi MTsN (Model) Pemalang adalah:
(1) Menciptakan Madrasah Negeri Pemalang sebagai lembaga pendidikan yang islami dan berkualitas.(2) Menjadikan madrasah sebagai sekolah yang dikenal masyarakat (populis). (3) menyediakan tenaga kependidikan yang profesional dan memiliki kompetensi dalam kehidupan dan kurikulum yang mampu memenuhi anak didik serta masyarakat. (4) Menyelenggarakan proses pembelajaran yang dapat menghasilkan lulusan berprestasi.
Tujuan MTsN (Model) Pemalang adalah:
(1) MTs bertujuan memberikan bekal kemampuan dasar sebagai perluasan dan peningkatan pengetahuan, agama dan ketrampilan yang diperoleh di Madrasah Ibtidaiyah (MI) atau Sekolah dasar (SD) yang bermanfaat bagi siswa untuk mengembangkan kehidupannya sebagai pribadi muslim, anggota masyarakat,warga negara dan mempersiapkan mereka untuk hidup dalam masyarakat. (2) Untuk Mencapai tujuan sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) penyelenggaraan pendidikan di MTs berpedoman pada tujuan pendidikan nasional.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

hadir bu guru.. ! dari anak 9.3 angkatan 2013 nih.
http://gagas-sangga.blogspot.com
http://gagas.mywapblog.com